Selasa, November 04, 2008

Antusiasme Peserta Inovasi Pembelajaran

Luar Biasa.....
itu kata yang patut disampaikan.....
Semangat peserta pelatihan dlam mengikuti pelatihan inovasi pembelajaran bagi guru di Kota Malang ini patut diacungi jempol. Di hari terakhir pelatihan ( 3 Nop 2008). kegiatan diisi dengan tampilnya 15 guru yang RPP hasil inovasinya telah diseleksi oleh Tim ( 3 guru TK, 3 guru SD, 3 guru SMP, 3 guru SMA dan 3 guru SMK).
Meskipun pengumuman yang terpilih untuk presentasi model pembelajaran ini mendadak pada pagi itu, Mereka secara umum tampil dengan cukup baik dan semangat. Bahkan dengan segala upaya beberapa diantara guru tersebut mempersiapkan media untuk pembelajaran , meskipun sederhana dan mudah tapi cukup mengesankan. Contohnya Bapak Yoseph Banggo, S Pd dari SMPK Mardiwiyata. Pak Yosep ini mempresentasikan pembelajaran dengan materi Statistik yaitu Mean, Modus, Median, Kuartil Atas, Kuartil Bawah dengan cara yang cukup sederhana dan waktu yang tidak terlalu lama.
Dalam pembelajaran ini Pak yoseph mengelompokkan siswa dan menjadikan siswa dalam kelompok sebagai data. Setiap anggota dalam kelompok diberikan kertas yang telah sebuah tertulis angka secara acak.
Mula -mula sekelompok siswa yang telah diberi kertas tersebu disuruh maju dan berdiri berjajar.
  1. Kemudian setiap dari mereka diminta menunjukkan angka pada kertas yang dibawa masing-masing sehingga semua siswa dalam kelas dapat melihatnya.
Perhitungan Mean /rata-rata.
  1. Dari sebelah kiri siswa menyebutkan angka yang dibawa kemudian siswa disebelahnya menyebutkan jumlah angka yang dibawa dengan angka temannya yang disebelah kiri tadi. begitu seterusnya sampai siswa yang terakhir dalam kelompok itu. selanjutnya jumlah angak tersebut ditulis. Kemudian dengan cara yang sama dilakukan dari siswa yang paling kanan. Samakah Hasilnya? Slahkan di cek. Jika diperoleh jumlah yang tidak sama maka ada yang salah dari ;langkah tadi.
  2. Setelah itu untuk menghitung rata-rata tadi siswa dalam kelompok itu diminta menghitung rata-ratanya , yaitu jumlah yang diperoleh tadi dengan membagi banyaknya siswa dalam kelompok.
Modus.
  1. Siswa dalam kelompok yang membawa angka yang sama dan jumlahnya paling banyak diminta maju selangkah. Angka itulah yang disebut modus.
Median
  1. Siswa dalam kelompok diminta berjajar dengan angka terkecil berdiri paling kiri secara urut menurut besarnya angka yang dibawa.( dari terkecil sampai terbesar)
  2. Siswa yang berdiri berada pada posisi tengah pada barisan tersebut diminta maju. jika jumlah siswa yang berada dalam kelompok adalah ganjil maka yang maju satu orang yang ditengah, tetapi apa jika genap maka yang maju dua orang
  3. Jika yang maju hanya satu orang ( banyaknya data ganjil) maka angka yang dibawa itu merupakan MEDIAN data tersebut
  4. Jika yang maju dua orang (banyaknya data genap) maka Median diperoleh dari rata -rata angka yang dibawa dua siswa yang maju tadi. (dijumlha terus dibagi dua)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar