Jumat, Desember 05, 2008

Tiga Guru Juarai Inovasi Pembelajaran

Radar Malang
[ Jum'at, 05 Desember 2008 ]
MALANG - Dua guru Bahasa Inggris Kota Malang meraih juara pertama dan kedua lomba inovasi pembelajaran tingkat Jatim yang digelar di Sekolah Luar Biasa Lawang, 1-4 Desember 2008. Masing-masing adalah Ari Susanti, guru SMPN 3 Kota Malang, dan Rurik, guru SMPK Kolese Santo Yusuf 1. Keduanya berhasil menyisihkan 125 peserta dalam tahap penyisihan dan 38 peserta saat tahap nominasi.

"Senang sekali. Kaget ketika nama kami disebut. Soalnya saya saat presentasi sempat gugup," ungkap Ari yang kemarin berada di Kantor Diknas Kota Malangm, Jalan Veteran.

Karya para guru tersebut cukup menarik untuk ditiru. Ari Susanti misalnya, berkreasi tentang cara meningkatkan kemampuan speaking siswa dengan membaca cepat teks dalam waktu 3-5 menit. Setiap siswa diberikan enam judul teks untuk dibaca dengan gaya masing-masing. Setiap siswa bergiliran.

Siswa juga boleh berkeliling kelas atau membaca teks dengan gaya bercerita, bertutur, atau mendongeng. Saat membaca cepat itulah, selain meningkatkan kemampuan, juga ada kegembiraan dalam proses pembelajaran. Sedangkan Rurik berkreasi tentang permainan petak umpet untuk meningkatkan penguasaan grammar.

Bimo Hadiyuwono, salah seorang pembina lomba mengatakan, rencananya juara pertama dan kedua akan diikutkan dalam lomba tingkat nasional. Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim yang akan mengusulkan nominasi ke tingkat nasional. (yos/lia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar