Sabtu, Juni 06, 2009

Pendaftaran RSBI SMP dan SMA Mulai 22 Juni

Kepastian jadwal penerimaan siswa baru (PSB) Kota Malang terus dimatangkan oleh pihak Disdik Kota Malang. Rencananya, PSB akan dimulai pada 22 Juni untuk jalur tes Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP dan SMA, PSB onlinenya pada 6-8 Juli. Sementara untuk SD dilaksanakan pada 1-4 Juli.

“Ancang-ancangnya sudah ada, tapi tinggal pengumuman resminya dari kepala Dinas Pendidikan (Disdik),” ungkap Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Drs Sugiharto kepada Malang Post.

Menurut Sugiharto, seleksi jalur tes atau mandiri dilaksanakan satu minggu sebelum online.
Sekolah-sekolah yang berstatus RSBI, bisa membuka pendaftaran jalur tes nya. Hanya saja sampai saat ini belum ada kepastian berapa pagu penerimaan masing-masing sekolah. Karena usulan pagu ini akan dibuat dengan mempertimbangkan jumlah siswa yang tidak naik kelas. Untuk SMP, minimal semua lulusan SD harus bisa ditampung di sana.

Seperti diketahui, tahun ini jumlah sekolah RSBI di Malang bertambah. Untuk SMP, dibuka di SMPN 1 Malang, SMPN 3 dan SMPN 5. SMPN 3 baru tahun pertama menyelenggarakan RSBI. Untuk tingkatan SMA, RSBI dibuka di SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 8 dan SMAN 10. SMAN 4, dan SMAN 8 baru membuka program RSBI tahun ini. Sementara di SMAN 10, pendaftaran RSBI nya sudah ditutup.
“Tahun ini SMAN 10 tidak ikut PSB online, karena di sana sudah ditangani langsung oleh Sampoerna Foundation,” ujarnya.

Soal biaya pendaftaran, pria berkacamata ini menegaskan untuk PSB online pendaftarannya dibuka gratis. Tidak ada biaya pendaftaran untuk siswa baru. Sementara untuk pendaftaran program RSBI, pihaknya belum bisa memastikan apakah pendaftarannya juga gratis. Karena belum diputuskan oleh Ka Disdik.

Seperti diketahui, sejumlah sekolah mulai diserbu masyarakat yang ingin memperoleh informasi mengenai PSB Kota Malang. Termasuk soal tes mandiri yang biasanya digelar lebih awal. Sebab di kota kabupaten lainnya, pendaftaran RSBI ini bahkan sudah ditutup dan diumumkan hasilnya. Menanggapi hal itu, Sugiharto menegaskan kebijakan penerimaan siswa di tiap kota berbeda. Kota Malang memang belum membuka RSBI, namun bukan berarti ada masalah dengan pendaftaran program ini. “Kami himbau masyarakat untuk tidak panik, kalaupun belum ada acuan teknis bisa melihat pelaksanaan tahun lalu,” ujarnya. (oci/malangpost)

1 komentar:

  1. Kepada Yth, Bapak/Ibu guru pengajar Matematika di kota Malang... sebelumnya saya meminta maaf jika komentar saya tidak relevan dengan blog MGMP Matematika ini...
    saya hanya menginformasikan bahwa kami sedang menyelenggarakan kompetisi bahasa Inggris tingkat SMP se Indonesia. untuk info lebih lengkap silahkan hubungi saya via email ke: acep@itc-indonesia.com atau kunjungi web-site kami di www.itc-indonesia.com

    BalasHapus